Buka jam 09.00 s/d jam 17.00 | Minggu & Hari Besar - Libur
SELAMAT DATANG JURAGAN - Happy Shopping HARGA & STOCK yang tercantum tidak selalu uptodate, mohon hubungi CS: (031) 9968-4085 atau kirim RFQ anda by email ke subteknik@gmail.com Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
Beranda » MARINES PRODUCT » JARUM KERAS » JARUM KERAS SPANSCHROEF TURNBUCKLE

JARUM KERAS SPANSCHROEF TURNBUCKLE

Kode : JKST
Berat : gram
Kondisi : Baru
Kategori : JARUM KERAS, MARINES PRODUCT
Dilihat : 1.400 kali
Hubungi kami secara langsung untuk pemesanan yang lebih cepat!
JARUM KERAS SPANSCHROEF TURNBUCKLE

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

JARUM KERAS SPANSCHROEF *Harga Hubungi CS
Ready Stock / JKST
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang JARUM KERAS SPANSCHROEF TURNBUCKLE kepada teman atau kerabat Anda.

KETERANGAN PRODUK:

jarum-keras-spanschroef

JARUM KERAS – SPANSCHROEF – TURNBUCKLE

Turnbuckle (bahasa Indonesia: jarum keras atau spanskrup) digunakan untuk mengatur ketegangan sling baik sling rantai maupun wire rope sling.

JENIS TURNBUCKLE DAN KEGUNAANNYA

Turnbuckle adalah alat yang digunakan untuk mengatur ketegangan sling. Sling yang dimaksud adalah Wire Rope Sling, Chain Sling, Rope Sling, Webbing Sling dan alat lain yang membutuhkan pengaturan ketegangan. Nama lain dari Turnbuckle ini sendiri di Indonesia bisa disebutkan dengan Jarum Keras dan ada juga yang menyebutkannya dengan spanskrup. Nama-nama tersebut disebutkan orang tergantung dari daerahnya di Indonesia ataupun panggilan familiar sehari-harinya.

Karena Turnbuckle digunakan untuk mengatur ketegangan, maka itu turnbuckle di desain dengan 2 mata dikanan dan kiri yang fungsinya untuk mengaitkan benda satu dengan benda lainnya agar dapat diatur ketegangannya. Mata itu sendiri terbagi menjadi 3 bentuk mata yaitu diantaranya :

  • Eye – Berbentuk lubang bulat
  • Hook – Berbentuk hook / gancu
  • Jaw – Berbentuk seperti ketapel yang memiliki pengunci diujungnya.

Jenis Mata Turnbuckle dan Kegunaannya

JENIS MATA TURNBUCKLE DAN KEGUNAANNYA

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Turnbuckle memiliki jenis mata yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan cutomernya / usernya. Jenis mata yang dimiliki Turnbuckle diantaranya :

  1. Eye : Kegunaan dari jenis mata ( Eye ) ini adalah untuk aplikasi dengan lubang kait non permanen ( contohnya : shakle, hook )
  2. Hook : Kegunaan dari jenis mata ( Hook ) ini adalah untuk aplikasi yang memiliki lubang kait permanen ( Contohnya Shackle, Eye Bolt, Mata Wire Rope )
  3. Jaw : Kegunaan dari jenis mata ( Jaw ) ini sama dengan kegunaan pada jenis mata Hook, bedanya jenis mata Jaw memiliki pengunci yang tentunya membuat dia jauh lebih aman digunakan karena kemungkinan mata turnbuckle tidak akan terlepas dari benda yang dikaitkannya.

Karena dalam satu turnbuckle terdapat 2 mata, maka mata yang satu dengan yang lainpun bisa berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis turnbuckle jika dikaitkan dengan bentuk matanya :

  1. Turnbuckle Hook & Hook
  2. Turnbuckle Hook & Eye
  3. Turnbuckle Eye & Eye
  4. Turnbuckle Eye & Jaw
  5. Turnbuckle Jaw & Jaw

Berikut adalah contoh gambar dari kelima jenis turnbuckle yang sudah disebutkan diatas :

Jenis Turnbuckle dan Kegunaannya

Turnbuckle umumnya di finishing dengan finishing galvanis diseluruh bagiannya, yang dimaksudkan untuk menghindari korosi dan pengaratan. Ada juga Turnbuckle yang difinishing dengan finishing Stainless steel yang lebih kuat dalam menghindari korosi di udara yang extreme. Kegunaan dari Turnbuckle sendiri di Lapangan adalah sebagai berikut :

  • Instalasi pada struktur bangunan
  • Instalasi pada struktur jembatan
  • Instalasi pada alat Rigging
  • Instalasi pada alat Lashing ( Alat Ikat )
  • Instalasi pada sistem kontrol penerbangan
  • Pembuatan pagar taman atau jalanan.
  • Instalasi pada Ring Tinju ( biasa dipasang ditiap pojok Ring )
  • Pengaturan salah satu struktur di Panggung
  • Instalasi Pipa-pipa
  • Instalasi Tiang listrik
  • Instalasi komunikais radio
  • dan lain sebagainya yang membutuhkan pengaturan ketegangan.

 

Cara Menggunakan Turnbuckle (Jarum Keras)  Dengan Benar – Turnbuckle atau jarum keras adalah salah satu alat rigging yang digunakan untuk mengatur ketegangan sling. Dalam penggunaannya jarum keras tidak bisa digunakan asal-asalan, karena jika digunakan secara sembarangan tentunya jarum keras tidak akan berfungsi secara maksimal dan bahkan justru hanya akan menimbulkan masalah lain.

Untuk itu, bagi seorang operator atau orang yang menggunakan jarum keras ada baiknya untuk mengetahui cara penggunaan jarum keras yang benar agar jarum keras dapat berfungsi secara maksimal.

Untuk itu, Kami akan berbagi informasi sedikit kepada Anda bagaimana cara menggunakan jarum keras dengan benar secara standar internasional.

Simak informasinya berikut :

  1. Gunakanlah jarum keras sesuai dengan fungsinya yaitu biasanya untuk disambungkan dengan wire.
  2. Jangan gunakan turnbuckle melebihi nilai working atau batas penggunaan, Anda bisa lihat table working load limit turnbuckle di catalo sebelum Anda menggunakan turnbuckle.
  3. Untuk jenis turnbuckle tipe stub tidak memiliki nilai working load Anda bisa lihat kekuatannya dengan berpacu pada sambunga las itu sendiri.
  4. Jika turnbuckle digunakan pada aplikasi yang memiliki banyak getaran, sebaiknya Anda melengkapi turnbuckle dengan lock nuts. Anda bisa membelinya bersamaan ketika membeli turnbuckle.
  5. Jenis Turnbuckle tipe Jaw ends memiliki hardware yang berbeda tergantung pada ukurannya. Untuk ukuran 1/4″ sampe dengan 5/8″, turnbuckle Jaw ends ini dilengkapi dengan bolt & nut (Mur Baut). Sedangkan untuk ukuran 3/4″ sampai dengan 1-1/2″ dilengkapi dengan mur dan penguncinya (cotter key & bolt).
  6. Turnbuckle tidak dianjurkan untuk mengangkat barang.
  7. Jika terpaksa digunakan untuk mengangkat barang, sebaiknya digunakan untuk penangkatan yang lurus saja jangan digunakan untuk pengangkatan sudut.

 

 

 

 

 

 

SIDEBAR
Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On LinkedinVisit Us On Instagram